Thursday, May 14, 2009

masuk dalam duniamu

Lagi2 baca2 jurnal buat skripsi, sambil nnton TVRI. Lagi ada siaran dialog masyarakat Surabaya en orang2 yang lebih punya peran besar (cak Nun, wagub jatim, wawali sby, aktivis LSM, dll). Ngomongin masalah penggusuran warga stren Kali.

Well, well, yang namanya penggusuran tuh emank gk enak... Orang2 itu dah pada menetap di suatu tempat,,, udah buka usaha,,, ternyata digusur. Tapi toh mereka juga gak ada ijinnya tinggal di situ. Dah gitu juga penggusuran kan buat pengelolaan kota juga. Tapi ya kok kasian gitu orang2 itu digusur gitu aja,, tapi mereka juga gak punya ijinnya,, hehhhehe

Salah satu aktivis LSM itu bilang kalo Surabaya merupakan contoh untuk seluruh daerah di Indonesia bahwa penggusuran tuh gak harus dengan kekerasan dan pemaksaan yang biasa terjadi antara aparat yang bertanggung jawab dan masyarakat. Dialog2pun dilakukan agar semua pihak bisa sama2 dapet apa yang mereka mau. Biar gak ada yang nggerundel gitu..

Trus aq liat mereka mengeluarkan pendapatnya masing2,,, dengan lancar. Dengan bahasa yang halus tapi ada unsur menyindir. Very smooth, tapi asik juga.

Nah trus hadirin yang ikut dialog itu ada yang mengeluh "kalo kita dialog2 gini, apa ya menyelesaikan masalah?"

Cak Nun menjawab,, intinya sih jangan anggap remeh dialog karena itu merupakan salah satu cara agar semua pihak dapat mendapatkan apa yang mereka mau.

Dengan dialog, kita bisa masuk ke dunia orang lain... bahahahaha

4 comments:

Anonymous said...

kalo dialognya pake acara jotok2an, apa bisa nyelesaikan masalah?
itulah Indonesia....

Anonymous said...

heei maenan blog yuk.. aku juga punya blog.. hhe, anak ilang..

danishapeace said...

ines> hehehe,, iya ,, emank sulit dihindarin tuh cara anarkis di indon... hoaa...

Buyung> iyok iyok,,, anak nemu

Anonymous said...

laaaaah.. anak nemu..