Thursday, February 2, 2012

Trauma?

Di spesialis kedokteran gigi anak ini tentu aja pasiennya anak-anak. hehe... Dan yang paling bikin mengusap keringat adalah saat pasien anak ini gak kooperatif level tinggi. Udah beberapa kali dapet pasien yang gak kooperatif. Takut denger suara bur yang akhirnya nangis sampai teriak saat giginya ditambal, takut dicabut sampe nangis teriak juga dan akhirnya gak jadi dicabut. Oke. Susah juga kalo kayak gini, apalagi kalo gak balik lagi.

Minggu lalu dapet pasien yang gak kooperatif lagi, 7 thn, perempuan. Jadi pas pemeriksaan untuk diagnosa, dilakukan tes kavitas pada gigi lubang dengan mem-bur gigi untuk mengetahui gigi tersebut vital atau tidak. Dan o'ow... nyentuh gigi sedikit aja, udah takut banget, ditambah dengan suara bur yg kenceng. Oke deh, tes ini urung dilakukan. Toh keluhan utamanya bukan gigi yang lubang itu, tapi gigi lain ysng persistensi (gigi persistensi =gigi susu masih ada padahal gigi permanennya udah tumbuh) dan pada pasien ini bikin arah tumbuh gigi permanennya salah.

Hum... gigi persistensi itu harus dicabut. Tapi ngeliat pasien ini udah ketakutan pas mau dibur, kayaknya bakal takut banget kalau dicabut. Dan ternyata bener....

Ngeliat dari kegoyangan giginya, masih ga gitu goyang banget yang artinya lebih baik dianestesi dengan suntikan. Tapi boro-boro deh.... Mulutnya udah ditutup rapat... Walopun udah dirayu-rayu, dikasi pengertian kalo gigi itu harus dicabut, tetep aja ga mau. Oke deh gak pake suntikan, pake anestesi topikal n dingin-dingin aja yaa... O'ow... tambah nangis.... teriak-teriak pula. Udah gitu, tangannya nutup rapet mulutnya. Orang tua-nya udah ngerayu-rayu tetep aja gak mau. Ibunya pun udah memangku pasien ini, eh malah sembunyi ngadep ibunya. Waduh... Uhm... uhm.. oke deh, angkat tangan... Pasien pun pulang. Hauu....

Gak disangka-sangka pasiennya balik lagi setelah 10 menit berlalu. Doeng... Beneran mau nih? Yakin? Okee!!! Tapi begitu mau dicabut, pasien ini takut lagi... Dirayu-rayu lagi... tetep ga mau. nangis lagi.... Ibunya pun memangku lagi di dental chair. Tambah jerit-jerit.. Pasti ruang sebelah denger deh. Hhhh.... sebenernya di lubuk hati terdalam pasien ini, kayaknya mau dicabut.... Gak mungkin dia mau balik lagi kalo gak mau... Oke deh. Kalo udah kayak gini, harus dicabut sekarang atau dia gak bakal balik lagi selama-lamanya ke dokter gigi karena di pikirannya pasti ada rasa takut yang luar biasa pdh belom tau rasanya.

Dengan bantuan teman-teman dan bapak dari pasien ini untuk memeganginya dan menggunakan finger protector, akirnya bisa juga terambil giginya. Tak lupa jerit-jerit juga. tapi fiuh....

Kemudian saya bilang ke ibunya kalo minggu depan diajarkan cara sikat gigi ke anaknya supaya dia gak trauma.. itupun kalo pasiennya mau.

Tapi ternyata beberapa menit setelah dicabut, pasien itu main ayunan n slurutan di ruang praktek ini. Wauw... Secepat itukah? Trus saya tanya ke pasien tersebut, "minggu depan dateng lagi ya, mau diajarkan cara sikat gigi... mau yaaa?" , anak itu mengangguk dan bilang, "iya.." sambil senyum. Ha... Tadi nangis-nangis jerit-jerit trus langsung senyum-senyum n mainan.... ??

Well, Alhamdulillah... Memang dosen saya pernah bilang, kalau memang pasien tersebut gak mau dilakukan perawatan, tapi sebenernya perawatan itu Harus dilakukan, maka jangan ditunda, lakukan saat itu juga. Asalkan perawatan itu tidak ada rasa sakit, maka pasien itu tidak akan trauma.

Hum hum hum..... oke... dan hari ini pasien itu pun datang lagi dan saya ajarkan cara sikat gigi.

Yah tapi tiap anak memang berbeda-beda karakternya. Harus diselami dulu karakternya bagaimana. Semangat.....

1 comment:

Rizky Meilida said...

kalau aku sih dari kecil gak pernah cabut gigi ke dokter. slalu cabut sndiri :)my blog-> nazogi.blogspot.com