Sunday, March 15, 2009

Most Wanted

Beberapa tahun yang lalu, ada seseorang yang menyodorkan pertanyaan kepada saya. “Menurutmu, enaknya aku ikut tes CPNS buat kerja pegawai negeri atau kerja swasta aja?”. Well, saya yang saat itu masih SMA, sama sekali tidak terpikirkan masalah kerja seperti itu. Tapi orang ini ngotot menginginkan jawaban saya. Darn it. Saya pun memberikan jawaban seadanya,,,dari info seliweran yang saya dapatkan. Sekarang saya mulai mengerti kenapa pilihan kerja itu menjadi sesuatu yang penting bagi seseorang (Tapi toh saya tetap tidak mengerti mengapa orang itu bertanya pada anak SMA).

Baiklah, saat saya menginjak usia kepala dua seperti sekarang. Masalah kerja pegawai negeri atau swasta ini mulai mengembus dari segala sisi. Dari info seliweran yang saya dapatkan beberapa tahun lalu, ditambah dengan info beneran yang saya dapatkan saat-saat ini, dapat disimpulkan bahwa segala pilihan kerja tersebut memiliki keuntungan dan kerugian.

Berikut info seliweran dan info beneran yang saya dapatkan :
Pegawai negeri --> Mengabdi pada negara, Gaji biasa aja, Stabil, Stagnan, Dibutuhkan sedikit inovasi dan kreativitas, Menuruti aturan atasan, Cukup lama untuk naik pangkat, Dapet tunjangan pensiunan, Sejahtera, Membosankan.

Wirausaha/ Swasta --> Keuntungan buat individu, Bila keadaan sedang untung2nya, semakin kaya. Tapi kalo dah jatuh, kekayaan individu juga jatuh. Dibutuhkan banyak inovasi dan kreativitas untuk mengembangkan usaha, Harus pintar mengambil peluang, Penuh risiko dan tantangan. Cepat kaya (bila usahanya berhasil) tapi juga cepat miskin (bila usahanya gagal)



Begitulah info yang saya dapat. Entah benar atu salah. Yang pasti, beberapa orang tidak menyukai pekerjaan pegawai negeri karena membosankan dan gajinya tidak seberapa. Beberapa orang juga tidak menyukai wirausaha karena ia tidak mampu mengambil peluang dan tidak mampu berinovasi.

Hm... Ada juga yang memilih keduanya. Menjadi pegawai negeri sambil berwirausaha. Bila dihubungkan dengan profesi dokter gigi,,, gimana ya? Hum hum,,, Beberapa tahun ke depan... Keputusan apa yang harus saya ambil?

4 comments:

rosyidi said...

Ya, semua memang ada untung ruginya. Dan semua pilihan tergantung pada kebutuhan dan kemampuan masing-masing.

Kalo aku pribadi lebih cocok ke wirausha. Kalo masalah untung rugi, asal dikelola dengan benar dan tidak hutang, insyaAllah akan selamat.
Sebagian orang memilih jalan pintas untuk modal usaha dengan berhutang, kalo untung bener memang bisa berkali lipat, kalo rugi, matilah kita.

kalo aku sih lebih memilih jalan "how to get money without money", tapi bukan ngerampok lah. yg jelas banyak jalan halal menuju sana :)
aman dan menguntungkan. hehehe..

danishapeace said...
This comment has been removed by the author.
danishapeace said...

hyahahhaha,,, wirausaha modem,,, kayaknya udah untung banyak ney ya???jgagagaga,,,,

tapi baguslah,,, aq juga kena imbasnya,, makasiy2!!! ;p

rosyidi said...

hahaha.. modem kan cuma salah satunya aja. ntar yg utama bukan itu :) cuma masih dalam tahap produksi. :)