Wednesday, November 18, 2009

ujian profesi OM

Lega dah ujian... Smoga lulus. Alhamdulillah..
Meski tersendat2, yg ptg bisa jawab...

Pelajaran yg didapat hari ini:
- nyeri tidak tertahankan pada herpes zoster disebabkan oleh adanya virus yg ada dalam ganglion.
Virus msk lebih dalam ke syaraf drpd herpetik gingivostomatitis
- pemeriksaan dna virus yg lebih cepat drpd kultur virus adalah PCR (polymeritation chain reaction)
- terapi antivirus tidak diperlukan bila lesi sudah meluas karena herpes zoster dapat smbuh sndiri (self limiting).
Terapi yg penting adalah simptomatis untuk menghilangkan gejala dan antibiotik untuk mencegah infeksi sekunder
- herpes zoster pada orang dewasa tidak slalu merupakan infeksi sekunder, bisa menjadi infeksi primer.
- pengobatan post herpetic neuralgia yg berguna utk perbaikan sel syaraf adalah vitamin B1, B6, B12.

3 comments:

thepinkhelmet said...

wiiih.. all about herpes.. syapa yang nguji, dian?

danishapeace said...

Drg.adiastuty ama drg.priyo, ty..
Iya coz yg dibahas soal nomer satu aja..
Yg herpes zoster. Doakan saya lulus ya.. Km jg. Moga2 lulus..
Aamiin. :)

rosyidi said...

ya. herpes zoster ama varisela zoster hampir sama. varisella zoster alias cacar air juga bisa sembuh sendiri, dan sebenarnya emang dikasih antibiotik bukan antivirus. kalo dikasih antivirus tapi udah menyebar percuma katanya.

Itu aku diberitau ama ayahnya temenku waktu aku sakit cacar dulu. dia wadeknya FK. tapi aku herannya, dokter2 kebanyakan masih mengandalkan antivirus.
Kalo aku biar mantab aku kasih semuanya. hehehe..