Monday, June 21, 2010

Writing

Life can change someone's dreams. Liat aja.. Waktu masih kecil, pasti punya cita2... Pengen jadi presiden, pengen jadi guru, pengen jadi astronot, pengen jadi dokter, de el el. Tapi impianku saat aku masih kecil bertolak belakang dengan keadaanku sekarang. Ha ha ha. Memang gak mudah menggapai impian itu. Tapi apa daya, toh impian itu sudah aku kubur dalam2...

Kadang memang kita harus mengukur kemampuan kita sendiri dengan impian kita. U know, menyadari realita yang ada. Tapi , kalo ada kemauan, impian itu akan tercapai juga.... Kadang kita sudah terlanjur pesimis dengan impian kita. Lalu mengubahnya sesuai kenyataan yang ada, bertindak dengan memaksakan kehendak kita sendiri dan berteriak keras-keras, "jalan ini lho yang bener",,,, bukan "jalan ini lho yang aku mau".

Sekarang, usiaku udah mau menginjak 23. Gak terasa ya....udah lama skali aku mengubur mimpi-mimpiku.

Ada kunci kebahagiaan yang paling mendasar dalam hidup ini. Orang itu bisa bahagia kalo tidak menyesali apa yang telah dia capai di hari tua nanti. Apa yang kita lakukan saat muda adalah untuk membuat bangga kita yang sudah tua nantinya. Saat kita tua, ada dua sikap yang akan tampak, apakah kita akan puas dan bersyukur dengan pencapaian yang kita dapat dari masa muda atau kita akan menyesali pilihan dan pencapaian kita saat kita muda? Saat kita puas dan bersyukur, tentu kita akan mendapat kebahagiaan itu. Tapi saat kita menyesal, yang ada hanyalah frustrasi, depresi, dan stress karena kita tidak mungkin mengulang masa2 muda itu.

Kita boleh saja memiliki target yang muluk2 atau bahkan tidak memiliki target dalam hidup ini, asalkan kita tidak menyesali itu smua saat tua nanti.

Jadi saya berusaha meneruskan mimpi yang terbentuk melalui perjalanan hidup saya yang serba realistis dengan sesekali melirik mimpi yang telah saya kubur dalam-dalam....

Saya membaca halaman cerpen di Deteksi Jawa Pos. Saya gunting kupon Cerpen pada halaman itu. Saya menyimpannya... Siapa tahu saya akan mencoba menulis sebuah karya dan mengirimnya lagi...dan kemudian karya saya muncul di halaman itu atau bahkan muncul dalam bentuk buku yang beredar di setiap toko buku. :)

No comments: