Tuesday, April 7, 2009

for GET it

Hari kedua @ Puskesmas, jaga di poli Gigi... Well, keluhan yang banyak dilontarkan ama pasien tuh ,, gigi sakit, cekot2, gak bisa tidur semaleman,,, Dulu pernah sakit pada gigi tersebut, terus diobatin,, en sekarang kambuh lagi. Solusi : Dicabut / Di-endo (berhubung di puskesmas gak ada perawatan endo, yah,, kalo bisa, langsung dicabut aja). Tapi karena hari ini, gigi masih sakit, maka gak bisa dicabut dulu,, jadi dikasih obat lagi deh...

Ptanyaan drg pada pasien : "Ibu / bapak,, kok lama gak kontrol lagi,,, ? Kenapa gak balik ke sini lagi? Sekarang kan jadinya gak bisa diambil giginya,,, soalnya kalo gg-nya sakit ato bernanah gini, kan gak bisa dicabut"

Jawaban pasien : "Iya dok,, waktu itu, gak sempet abisnya juga, kalo udah gak sakit, ya males balik ke sini lagi, dok,,, jadi ya dibiarin,, "

Drg berkata : "Ini saya kasih obat, tapi 3 hari lagi harus balik lagi ke sini ya bu/pak"

Beberapa pasien, kasusnya sama seperti di atas,,, Hm,,, hm,,

Then, harusnya jadwal siang tadi, turun ke rumah warga buat survei,, tapi toh gak jadi,, diundur besok,, well well, okay, akirna diganti ama tentiran dari poli KIA alias Kesehatan Ibu dan Anak de,,, ama mhsw Akbid gitu.

Well, well,, I'm so blind about it. Ditanyain tentang smua permasalahan KIA!!!! Langsung d,, jadi orang ndangndong,,yg gak ngerti apa2,, heehhee,,,, Tapi ini yang akhirnya berhasil saya dapat dari tentiran ini :

1. Ada lima dasar imunisasi lengkap, yakni Hepatitis B ( diberi pada bayi berumur 0-7 hari), DPT (diberi pada bayi berumur setelah 2 bulan), BCG (diberi pada bayi
berumur 0-2 bulan), Polio, dan campak (diberi pada umur 9 bulan)
2. Kunjungan ibu hamil dibagi menjadi :
K1 = Kunjungan pertama ibu hamil dengan melihat 5T (TImbang+tinggi, Tensi, TT, Tablet FE, TFU)
K1 dibagi menjadi K1 murni (0-12 minggu) dan K1 akses (tanpa memandang usia kehamilan)
K4 = Kunjungan ibu hamil 4x (1x trimester pertama, 1x trimester kedua, 2x trimester ketiga)
3. KEK = Kekurangan Energi Kalori untuk ibu hamil yang memiliki LILA (Lingkar Lengan Atas kiri) < 23,5 cm.
4. dan banyak lagi,, jgagaggaga,,,,

Begitulah untuk hari ini,, Sementara itu, sifat pelupa saya tidak kunjung hilang,,,, Pertama, saya lupa bawa presensi kelompok (Alhamdulillah, pembimbing kelompok menerima dengan tulus ikhlas). Kedua, saya lupa bawa helm coz naek spd motor ke rumah warga (yang ternyata ditunda,,, ehehe). Jadi, moga2 besok gak ada yg lupa de!!!!!!!!! Parah parah :)

2 comments:

primy said...

nice and interesting story..!!
and, get well prepared ya....

jgn smpe ad yg ketinggalan lg... :)

ganbatte!!

danishapeace said...

hehhehe,,, dah gak lupa lagi kok,, jgagaga